Rabu, 16 September 2020

Bahu Membahu Mendidik Anak Masa Pandemi

Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19 menjadikan tantangan tersendiri bagi Guru dan juga Orang Tua. Bagi Guru sendiri harus memiliki strategi yang tepat agar materi pembelajaran bisa tersampaikan kepada peserta didik. Sedangkan bagi Orang Tua, mereka harus senantiasa mendampingi buah hatinya dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, bahkan terkadang Orang tua menjadi sumber belajar siswa pada masa pandemi seperti ini.
Bahu Membahu Mendidik Anak Masa Pandemi
Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Pada dasarnya orang tua adalah guru yang utama bagi anak dalam memperoleh pendidikan dilingkungan terkecil yaitu keluarga atau bisa dikatakan orang tua adalah guru pada pendidikan informal.
Menyulap rumah tempat tinggal agar menjadi tempat yang nyaman untuk belajar bagi anak dan bahkan orang tua harus mengatur strategi agar anak tidak merasa bosan ketika belajar dari rumah.

Kolaborasi Guru dengan Orang Tua

Guru dan orang tua menjadi faktor yang penting dalam proses pembelajaran jarak jauh, kolaborasi antara guru dan orang tua harus berkesinambungan. Guru sebagai fasilitator dan salah satu sumber belajar, begitu juga dengan peran orang tua dalam memantau proses pembelajaran jarak jauh (Belajar dari rumah), bahkan Orang Tua memiliki peran yang lebih dominan.

Secara tidak langsung peran orang tua di masa Pandemi covid-19 ini sedikit lebih “berat” dikarenakan orang tua mau tidak mau harus bisa menyediakan fasilitas kebutuhan belajar daring, semisal :

1.    Menyediakan Gadget.
2.    Pengeluaran tambahan pembelian paket data.

Latar Belakang Profesi orang tua juga menjadi salah satu faktor kesiapan menghadapi pembelajaran jarak jauh. Orang tua yang memiliki profesi sebagai pendidik secara psikologi tentu saja lebih siap dibandingkan dengan orang tua yang berprofesi selain pendidik.

Kolaborasi antara Guru dan orang tua sangat diperlukan pada masa pandemi sekarang ini. Peran keduanya menjadi faktor keberhasilan untuk bersama-sama mendidik dan mencerdaskan anak, sehingga pembentukan karakter anak bisa terwujud dengan baik dengan adanya kolabosari dari kedua belah pihak.

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Berbagi RPP

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada setiap proses kegiatan pembelajaran menjadi bagian yang sangat penting. Guru sebagai pendidik tentu saja membuat RPP  yang didalamnya memuat strategi dalam pembelajaran.

Nah, jika RPP memuat strategi pembelajaran alangkah baiknya di masa pandemi ini ketika para siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh, orang tua juga mengetahui strategi apa yang akan digunakan guru pada proses pembelajaran saat itu.

Guru bisa membagikan RPP yang telah dibuat kepada orang tua siswa, dengan begitu orang tua bisa memahami apa yang ingin dicapai pada pembelajaran tersebut melalui RPP yang telah diberikan oleh guru.

Kolaborasi antara Guru dan Orang Tua siswa bisa terjalin, komunikasi dua arah secara tidak langsung akan terjadi. Jika ada bagian yang belum dipahami, Orang Tua siswa akan berkonsultasi kepada Guru yang bersangkutan.

Komunikasi yang terjalin antara Guru dan Orang Tua siswa akan menjadikan pembelajaran jarak jauh lebih bermakna.

Belum ada Komentar untuk "Bahu Membahu Mendidik Anak Masa Pandemi"

Posting Komentar

Advertisemen