Sabtu, 28 Mei 2016

Cara Cek NISN online

Apakah yang dinamakan NISN ? dan apa bedanya dengan NIS ? sekedar informasi saja tentang NISN dan NIS, NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional, sedangkan yang dimaksudkan dengan NIS adalah Nomor Induk Siswa, itu secara singkat perbedaanya. Lebih detailnya dan lebih spesifik lagi, NISN adalah Nomor Induk siswa secara nasional, sedangkan NIS hanya untuk kalangan sekolah dimana siswa tersebut terdaftar.
NISN bersifat nasional yang terdiri dari 10 digit, NISN ini bersifat selamanya, jadi pastikan siswa anda hanya memiliki satu NISN. Bagaimana jika siswa mempunyai NISN ganda ?? jika terjadi data atau nomor NISN ganda segeralah menghubungi operator tingkat sekolah untuk menghapus salah satu data NISN. 

Bagaimana membaca NISN 10 digit ?

Banyak yang bertanya apa makna dari NISN yang terdiri dari 10 digit, berikut kami jelaskan makna dari angka-angka yang terdapat di NISN :
AAABBBCCCC 
AAA :  tiga digit tahun lahir
BBBCCC : tujuh digit nomor urut yang dibagi dalam 2 bagian, yaitu:
BBB : tiga digit pengelompokan, dan
CCCC : empat digit nomor urut dalam pengelompokan BBB


Cek NISN secara Online

Bagaimanakah cara untuk cek NISN secara online ? jika anda lupa dengan NISN anda alangkah lebih baiknya jika anda mengeceknya secara online melalui cara berikut ini :

1. Silahkan klik Disini
2. Jika anda tidak mengetahui NISN anda silahkan klik "Pencarian Berdasarkan Nama", tampilan akan seperti gambar dibawah ini :
3. Isikan nama anda pada kolom nama siswa.
4. Isikan tempat lahir anda pada kolom tempat lahir.
5. Isikan tanggal lahir anda dengan format : Tanggal-bulan-tahun
6. Langkah terakhir klik cari
Selesai,  jika anda sudah memiliki NISN maka data anda akan tampil, namun jika anda belum terdaftar maka anda perlu untuk menghubungi Operator Sekolah di sekolah anda, terimakasih semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek NISN online"

Posting Komentar