Jumat, 12 Juni 2020

Materi Pembelajaran Bahasa Jawa, Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama Kelas X Semester Gasal

Pada Postingan kali ini , Pak Harry akan memberikan tentang materi Bahasa Jawa Kelas X di Semester Gasal. Pembelajaran Bahasa Jawa, Materi Tembang Macapat Pangkur Serat Wedhatama Kelas X Semester Gasal ini bisa anda gunakan sebagai pelengkap dalam pembelajaran Bahasa Jawa Kelas X.
Materi Pembelajaran Bahasa Jawa, Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama Kelas X Semester Gasal
Materi Pembelajaran Bahasa Jawa, Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama Kelas X Semester Gasal

Serat Wedhatama

Serat Wedhatama merupakan karangan dari seorang pujangga sastra jawa yang bernama Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV. Serat Wedhatama berisikan tentang ajaran Budi Pekerti Luhur yang awal mulanya hanya untuk kalangan keluarga sendiri. Seiring berkembangnya jaman Serat Wedhatama mulai dikenalkan kepada umum, dan mempunyai peran penting dalam mendidik Budi Pekerti masyarakat jawa.

Serat Wedhatama terdiri dari beberapa pupuh, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pangkur (14 pupuh)
  • Sinom (18 pupuh)
  • Pocung (15 pupuh)
  • Gambuh (35 pupuh)
  • Kinanthi (18 pupuh)
Untuk Materi Kelas X di Semester Gasal, para siswa nanti mempelajari Serat Wedhatama Pupuh Pangkur. Namun, sebelum masuk ke materi Serat Wedhatama Pupuh Pangkur, sebaik kita mengenal struktur dari tembang Macapat.

Tembang Macapat

Tembang Macapat merupakan salah satu jenis karya sastra jawa kuno, yang memiliki aturan aturan pada setiap jenis Pupuh Tembang Macapat.
Paugeran Tembang Macapat
  • Guru Gatra, yaiku Cacahing larik saben sa-pada (jumlah Baris)
  • Guru Wilangan, yaiku cacahing wanda (Suku Kata) saben sa-gatra.
  • Guru Lagu, yaiku tibaning swara (a,i,u,e,o) ing pungkasaning gatra.
Tembang Pangkur
Tembang Macapat Pangkur sendiri menggambarkan ketika manusia sudah memasuki usia senja, Pangkur atau mungkur berarti menghindari atau ngungkuri hal-hal yang bersifat duniawi, jadi masa ini manusia hanya memikirkan tentang bagaimana cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang materi Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama ini silahkan simak pada Video Pembelajaran di bawah ini :

Video Pembelajaran Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama

----Unduh File Power Point Materi Tembang Macapat Pangkur---

Belum ada Komentar untuk "Materi Pembelajaran Bahasa Jawa, Tembang Macapat Pangkur, Serat Wedhatama Kelas X Semester Gasal"

Posting Komentar

Advertisemen