Senin, 27 Mei 2024

Cerkak Bahasa Jawa "Emprit Ganthil"

Cerkak Bahasa Jawa dengan judul "Emprit Ganthil" karya dari FX Subroto, Cerkak yang diterbitkan di Majalah Panjebar Semangat edisi 16 Januari 2021 ini mengisahkan tentang mitos yang ada di tengah masyarakat jawa tentang keberadaan "Emprit Ganthil".
Cerkak Bahasa Jawa "Emprit Ganthil"

Cerkak Bahasa Jawa "Emprit Ganthil" Karya dari FX Subroto, ini mengangkat kisah atau cerita yang beredar ditengah masyarakat jawa tentang mitos Emprit Ganthil. Emprit Ganthil atau dikenal dengan burung Kedasih, diceritakan dalam cerkak tersebut merupakan sebuah mitos atau pertanda akan datangnya musibah. Kepercayaan masyarakat Jawa, jika terdengar burung Kedasih maka akan ada musibah yang akan terjadi. Ada satu keluarga Suyoko bersama istrinya yang bernama Partinah dengan ketiga anaknya Kadarman, Marsih dan Karsupi. Suyoko sudah sekian lama mengidap penyakit paru-paru hingga Suyoko hanya terbaring di tempat tidurnya, pada suatu siang terdengar burung kedasih berkicau, mendengar kicauan burung kedasih tersebut Partinah merasa sangat jengkel dan marah, karena Partinah beranggapan adanya kicauan burung kedasih menandakan akan adanya musibah yang akan menimpa keluarganya, Pertinah memanggil anaknya Marsih untuk mengusir burung kedasih tersebut.
Emprit Ganthil atau dikenal dengan burung Kedasih, diceritakan dalam cerkak tersebut merupakan sebuah mitos atau pertanda akan datangnya musibah


Bagaimanakah cerita lengkapnya cerkak "Emprit Ganthil" tersebut, apakah benar suara burung kedasih tersebut adalah pertanda akan datangnya musibah bagi keluarga Suyoko ? mari simak kelanjutan cerkak bahasa jawa "Emprit Ganthil" dalam bentuk pdf berikut :


Unduh Cerkak "Emprit Ganthil  ---DISINI---

Belum ada Komentar untuk "Cerkak Bahasa Jawa "Emprit Ganthil""

Posting Komentar